Minggu, 15 April 2012

Perkenalan Akuntansi

Akuntansi ialah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi. Akuntansi dilaksanakan baik dalam perusahaan yaitu bertujuan untuk mencari laba. Berikut dibawah ini sebagai persamaan akuntansi.

HARTA =  KEWAJIBAN + MODAL
(Aktiva)      (Pasiva)

Sumber harta perusahaan

Kreditur ------------------  Perusahaan (Aktiva)

Pemilik
(Investor) ----------------- Perusahaan (Aktiva)

Example :

Tn. Ali menyetor modal Rp 10.000.000 sebagai modal awal , dia merasa modalnya tidak cukup untuk menjalankan usaha nya . Kemudian dia menambah kan modalnya melalui kredit dari Bank sebesar Rp 5.000.000. Keadaan ini dapat dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut :

       HARTA          =    KEWAJIBAN   +       MODAL
(Rp 15.000.000)        (Rp 5.000.000)     (Rp 10.000.000)

Misalkan hasil operasi bulan pertama perusahaan mendapat laba sebesar Rp 1.000.000 , maka harta perusahaan akan berubah menjadi Rp 16.000.000 ( Rp 15.000.000 + Rp 1.000.000 ) karena laba adalah hak pemilik modal(Investor). Maka modal jua bertambah menjadi Rp11.000.000 (Rp 10.000.000 + Rp 1.000.000).

Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah komponen harta perusahaan sama dengan jumlah modal dan kewajiban atau Balance.

Example :

Tn. Ali mendirikan sebuah perusahaan mebel. Untuk itu Tn. Ali membutuhkan bangunan sebagai tempat kerjanya atau kantor serta kebutuhan lainnya. Setelah di anggarkan atau diperhitungkan Tn.Ali harus memiliki modal sebesar Rp 15.000.000 untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pada saat itu Tn. Ali hanya memiliki modal sebesar Rp 10.000.000. Dengan itu Tn. Ali menutup kekurangannya itu dengan meminjam modal ke Bank sebesar Rp 5.000.000, dengan begitu Tn. Ali telah memiliki modal yang sesuai dengan yang di anggarkan untuk memulai usahanya.
Tn. Ali membeli gedung yang akan digunakannya sebagai tempat kerjanya dan berbagai peralatan usahanya. Disamping itu dia juga membeli kayau-kayu serta bahan-bahan lain dan tukang-tukang untuk membuat mebelnya. Hasil produksi kemudian dijual ke konsumen dan mulailah pundi-pundi kasnya bertambah ke perusahaan. Kas tersebut akan digunakan untuk produksi selanjutnya. Demikianlah untuk melakukan kegiatan produksi diperlukan pengeluaran kas, dan apabila terjadi penjualan maka kas akan masuk lagi ke perusahaan.
Apabila kas telah mencukupi untuk keperluar produksi maka kas dapat digunakan untuk membayar untang kepada Kreditur ( bank ) atau diserahkan kepada pemilik perusahaan sebagai Keuntungan.

PEMBELIAN          ----------------- >      Pengeluaran Kas
PENJUALAN         ----------------- >      Penerimaan Kas

Belajar akuntansi memang sulit apabila tidak memahami basic nya dulu , karena akuntansi perlu diketahui dari awal mula nya transaksi sampai ke Laporan keuangan.

Transaksi -- > Pencatatan --> Penggolongan(posting) --> Pengiktisaran --> Lap. Keuangan --> Menganalisis dan menginterprestasikan

Selamat Mencoba
Tahap berikutnya akan saya berikan ,,

                                                    "easy studying , easy understanding"

1 komentar: