Rabu, 18 April 2012

Membuat Blogger

Cara membuat blog di Blogspot / Blogger, Blogspot adalah mesin atau Platform blog yang terkenal selain wordpress. Blogspot adalah engine blog yang disediakan secara gratis oleh Google. Untuk Cara membuat blog di blogspot, caranya cukup mudah. Kita tidak membutuhkan hosting atau domain sendiri seperti wordpress. Walaupun ini adalah Blog gratisan, tetapi dari segi SEO dan kehandalan blog bisa kita andalkan untuk kita gunakan sebagai blog bisnis yang bisa menghasilkan uang. Dan inilah panduan membuat Blog di blogspot secara umum.
Langkah pertama dalam membuat Blog di Blogspot tentu kita harus memiliki akun di email entah itu gmail atau yahoo. Kemudian melakukan pendaftaran untuk memberi nama Blog dan URL blog kita, dan terakhir adalah mengisi posting atau konten untuk blog kita. Dari ketiga langkah di atas, mengisi Posting atau konten tentu menjadi hal yang paling sulit diantara langkah yang lain. Sehingga banyak orang yang melakukan cara Instan yaitu Copy Paste artikel dari Blog orang lain. Jelas ini tindakan yang kurang terpuji, apalagi jika orang yang punya artikel tidak mengijinkan.
Kembali kemasalah cara membuat blog, sebelum memutuskan untuk membuat blog, ada hal yang harus kita perhatikan agar nanti kedepannya blog kita bisa sukses. Yaitu luruskan niat kita ngeblog, apa tujuan utama kita ngeblog? Apakah Supaya terkenal, Apakah supaya kelihatan hebat jika teman-teman kita tau kalau kita punya Blog? Apakah kita ngeblog ingin cari duit ? dan alasan-alasan lainnya. Jika kita sudah memutuskan satu alasan mengapa kita ngeblog, maka tentukan satu tema tentang Blog yang ingin kita buat.

Berikut ini langkah-langkah membuat Blog:
1. Buka Blogger.com, maka akan ada sebuah halaman yang minimalis. Cari sebuah tombol Buat Blog Gratis " Memulai ".


2. Kita akan dibawa kesebuah halaman baru Untuk menciptakan akun Blogger kita. Isi semua form sesuai data yang kita inginkan, Seperti Alamat email, Password, jenis kelamin, tanggal lahir dsb. Jika sudah klik " Lanjutkan "


3. Tugas kita berikutnya adalah menamai blog dan juga menentukan url blog. Isi judul blog dengan Judul blog yang kita ingin buat, Isi Url Blog dengan url yang kita inginkan. Url blog maksudnya Link atau alamat blog yang kita inginkan. sebagai contoh : http://nulis-seo.blogspot.com. Akan tetapi tidak semua url yang kita inginkan tersedia, karena mungkin sudah di pakai oleh orang lain. Untuk mengecheck, setelah kita masukkan url yang kita inginkan, klik tombol "cec ketersediaan". Jika sudah yakin, klik tombol " Selanjutnya "


4. Langkah berikutnya adalah memilih sebuah template atau tema atau tampilan blog kita. Blogger sendiri sudah menyediakan beberapa template alternativ untuk kita gunakan. Kita pilih satu template yang ingin kita gunakan. dan klik " lanjutkan "


5. Sampai langkah ini saja, sebenarnya kita sudah memiliki blog dengan alamat sesuai url yang kita masukkan tadi. Untuk menyempurnakan Blog kita, langkah selanjutnya adalah menulis artikel. Menulislah sesuai tema blog yang sudah kita tentukan, kemudian jika sudah merasa selesai, kita klik tombol Publish.


6. Setelah tombol publish kita klik, kita akan di bawa ke halaman seperti gambar dibawah ini. kita bisa mengedit tulisan atau artikel kita tadi, atau bisa juga menghapusnya. Untuk melihat Posting, atau artikel yang telah kita buat tadi, klik tombol lihat.


Selamat, Sekarang anda telah memiliki sebuah Blog sendiri. Blog bisa diisi untuk sekedar sharing ilmu, Mencari Uang, atau untuk meningkatkan bisnis kita. Cara membuat blog memang tidak sulit, tidak sampai 5 menit, kita sudah bisa memiliki Blog sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar