Rabu, 04 April 2012

Pengalaman Dalam Berbahasa Inggris

Hey semua ..
selamat datang di Blog saya , perkenalkan nama saya Edi Hutabarat. Saya lahir di Pekanbaru tahun 1992 , masih muda yaa .. hehe dan masih stay di pekanbaru. saya juga masih kuliah di Institut Ekonomi Pekanbaru atau lebih tepatnya STIE.

Nah . .
Saya akan bercerita tentang pengalaman saya dalam berbahasa inggris. Saya merupakan salah satu orang yang paling membenci bahasa inggris, karena menurut saya bahasa inggris itu sangat sulit dan menyebalkan. Singkat saja sewaktu saya duduk dibangku SD, saya merupakan murid yang paling pusing dan bodoh soal bahasa inggris. Dalam rapor saya dari kelas 1 hingga duduk di kelas 6 , ga pernah mendapat nilai yang bagus selalu MERAH atau nilai yang semestinya ga diharapkan dalam study. Saya bingung gimana cara bisa mengerti bahasa inggris sampai lulus dari SD saja karena saya ingin masuk ke sekolah NEGERI di Pekanbaru. Ga tau caranya ya saya nyontek ke teman sebelah waktu ujian UN dan pada akhirnya saya lulus meski tidak dapat nilai bagus dan impian saya untuk masuk ke tingkat selanjutnya tidak berhasil tetapi masih bisa masuk SMP yang negeri lainnya..hahaha
Masuk SMP , saya pun dipersulit karena harus ketemu lagi dengan pelajaran yang menyebalkan tersebut. huh
Makin sulit dan sangat sulit lagi pelajaran bahasa inggris ditempat saya bersekolah , sehingga saya pusing dan acuh tak acuh saja dengan pelajaran ini. Semester satu kelas dua , saya pun berfikir kalau di SMP sperti ini bahasa inggrisnya apalagi SMA nanti. Saya pun mencari cara untuk bisa berbahasa inggris. Sewaktu saya melihat anak kelas tiga belajar bahasa inggris , saya melihat ada seorang murid yang pintar banget bahasa inggris sampai-sampai dia selalu menggunakan bahasa inggris kepada setiap guru bahasa inggris yang mengajar di sekolah saya termasuk kepala sekolah yang sudah memiliki gelar Dr .
Saya pun lantas mengikuti terus kemana dia pergi dan ternyata dia selalu ada di tempat yang saya sangat benci yaitu Perpustakaan , ,haha
Saya pun memberanikan diri untuk bertanya ttg bahasa inggris padanya , dia pn menjelaskan basic-basic ttg bahasa inggris. Saya bertanya : "Bg.. pintar bhs inggris karena kursus yaa ? ". Dia pun menjawab : "No .. saya belajar bahasa inggris otodidak". Saya pun terkejut dan bilang sama dia , BAGAIMANA BISA ?? .
"Ada niat ada jalan dek, asal kemauan kamu besar pasti kamu bisa karena bahasa inggris itu sangat menyenangkan dan tidak sulit. Itu sulit karena kita yang mempersulitnya dan keputus asaan kita yg tidak mau terus mencoba" dia pun berkata demikian pada saya. Saya pun terus mengikuti dia dan sampai kemanapun dia pergi bahkan ke kantin. Bahkan ibu kanti sering bilang jika saya adalah asistennya dia,,huh
Sepulang sekolah saya pun merenungkan apa yang dibilang abg tersebut bahwa ADA NIAT PASTI ADA JALAN.
Saya pun belajar dari perkataan bg tersebut , saya beli buku dasar bahasa inggris dan belajar sendiri meski sangat sulit. Saya pun mencoba terus menerus dan mencoba merangkai kalimat dengan menggabungkan bahasa inggris dengan bahasa indonesia. Saya pn memberanikan diri untuk berbicara dengan guru bahasa inggris di sekolah dan kalimat pertama yang saya ucapkan adalah "What you doing setelah istirahat ? dan what you nama ?" hahaha...
it's so funny, right !! Gurukupn terlihat gak kuasa menahan lucunya bahasa inggris saya. "Ga pernah menyerah apapun yang terjadi saya harus bisa bahasa inggris" dalam pikiranku. Saya harus bisa dan saya ga tahu apa-apa tanpa kesalahan dan mencoba sesuatu.
Wah .. perjuangan ga sia-sia , akhirnya selama 6 bulan lebih belajar dan praktek akhirnya ak bisa berbicara bahasa inggris sama guru di sekolah dan bukan dengan menggabungkan bahasa inggris dan indonesia tetapi hanya bahasa inggris saja. Guru pun senang dan bangga dengan pencapain yang saya dapatkan. Sampai saya ditunjuk sebagai perwakilan dari sekolah untuk Perlombaan SAINS se Pekanbaru meski gagal tetapi saya telah buktikan bahwa saya pasti bisa. Saya pun tidak pernah berbahasa indonesia dengan guru mulai dari kelas 2 SMP sampai duduk di Perkuliahan ..
Nah . . bagi teman-teman yang pingin bisa belajar bahasa inggris jangan takut salah karena dari kesalahan kita belajar kebenaran , saya bisa teman-teman pun bisa. Ga ada yang mustahil , selagi terus berupaya. Karena Tuhan pun ga akan mempersulit jalan kita menuju kepintaran. Kita ga tau sebelum kita mencoba yang terpenting adalah NIAT dan KERJA KERAS serta jika ingin berbicara bahasa inggris jangan MALU karena itulah yang akan membuat Drop dan Down nya kita.

Semangat !!
Saya akan menjawab pertanyaan anda , komentari dan kasih pertanyaan saya akan memberi solusi dan jawaban atas pertanyaan anda. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar